Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi
Cara Mengatasi Mikrofon Smartphone Android yang Tak Berfungsi

Bursametrownews.com, Jakarta Android saat ini menjelma menjadi sistem operasi seluler yang paling banyak digunakan. Android menyediakan opsi penyesuaian yang tak ada habisnya bagi pengguna. Alasan lain di balik kesuksesan tersebut adalah bahwa smartphone Android tersedia pada banyak pilihan harga mulai dari kelas bawah hingga kelas atas.

Terkadang, pembuat smartphone melakukan pemotongan biaya untuk memenuhi kebutuhan pengguna, dan sebagian besar dilakukan pada kamera, pengeras suara, mikrofon, penyimpanan, dan lainnya. Inilah sebabnya mengapa ponsel cerdas Android membutuhkan lebih banyak perawatan.

Salah satu masalah yang sering ditemui pada smartphone Android adalah tak berfungsinya mikrofon. Mikrofon berfungsi menginput suara ke dalam smartphone. Jika mikrofon tak berfungsi, suara tak akan dapat masuk pada sistem smartphone. Misal, jika Anda sedang menelepon dan mikrofon tak berfungsi, maka orang yang Anda hubungi tak dapat mendengar suara Anda.

Tak berfungsinya mikrofon pasti akan mengganggu kegiatan berkomunikasi dengan smartphone. Oleh sebab itu diperlukan cara khusus untuk mengatasi mikrofon yang tak berfungsi. Jika Anda mengalami masalah ini, simak ulasan Liputan6.com mengenai cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi dilansir dari Tech Viral, Selasa (2/4/2019)

2 dari 6 halaman

Penyebab mikrofon tak berfungsi

Penyebab mikrofon tak berfungsi
Penyebab mikrofon tak berfungsi

Ada beberapa alasan mengapa mikrofon smartphone Android Anda tidak berfungsi, terutama saat panggilan berlangsung. Sebelum mengetahui cara mengatais mikrofon yang tak berfungsi,berikut beberapa kemungkinan penyebab mengapa mikrofon tidak berfungsi:

Masalah jaringan

Biasanya, masalah jaringan dapat menyebabkan masalah mikrofon. Jika Anda berada di tengah-tengah panggilan dan tiba-tiba, orang di ujung sana tidak dapat mendengar Anda, bisa jadi ada masalah sinyal pada operator Anda.

Mikrofon tertutup

Terkadang, Anda secara tidak sengaja menempatkan jari-jari pada mikrofon selama panggilan yang menghalangi suara. Jadi, selama panggilan berlangsung, pastikan Anda tidak menutup mikrofon dengan jari-jari Anda.

Penumpukan kotoran

Tak berfungsinya mikrofon juga dapat disebabkan akumulasi debu pada mikrofon. Mungkin Anda tak pernah membersihkan mikrofon dalam jangka waktu yang lama.

Aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa jenis aplikasi yang tersedia di internet yang dapat menimbulkan masalah pada mikrofon. Aplikasi ini memang tidak akan melakukan kerusakan perangkat keras, tetapi dapat memodifikasi beberapa file yang dapat menimbulkan masalah mikrofon.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Restart dan Matikan Sementara

Restart

Nah, ini adalah salah satu hal pertama yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki Masalah Mikrofon pada smartphone Android. Cara ini adalah cara yang paling mudah dan dapat mengetahui seberapa parah kerusakan mikrofon.

Bukan hanya masalah mikrofon, tetapi restart sederhana dapat memperbaiki sebagian besar kesalahan Android. Restart Android Anda, setelah selesai, cukup lakukan panggilan dan periksa apakah masalah mikrofon sudah terpecahkan atau tidak.

Matikan sementara

Nah, ini adalah hal lain yang perlu Anda lakukan untuk memperbaiki masalah Mikrofon pada perangkat Android. Jika restart sederhana gagal memperbaiki masalah mikrofon, maka matikan ponsel cerdas Android Anda dan tunggu sekitar 10-30 detik sebelum menyalakannya lagi.

Cara ini akan menyegarkan perangkat keras Anda dan akan memperbaiki masalah Mikrofon dari perangkat Anda. Setelah selesai, lakukan panggilan untuk memeriksa apakah masalah terpecahkan atau tidak.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Bersihkan Mikrofon

Seperti diketahui sebelumnya, kesalahan mikrofon juga dapat disebabkan oleh akumulasi debu pada mikrofon. Kotoran memang tidak menumpuk dalam semalam, tetapi jika Anda sering menggunakan Smartphone tersebut untuk waktu yang lama, atau jika ponsel Anda terkena debu, maka kotoran sudah pasti menumpuk.

Jadi, dalam cara ini, Anda perlu menggunakan peniti kecil atau jarum tipis untuk menyodok lubang kecil di samping konektor USB. Anda juga dapat meniup udara melalui mulut Anda langsung ke lubang mikrofon untuk menghilangkan kotoran. Jangan gunakan pakaian katun untuk membersihkan karena serat kain malah akan menyumbatnya.

Cara mengatasi mikrofon yang tak berfungsi: Nonaktifkan Pengurangan Noise

Smartphone Android terbaru yang hadir saat ini, kebanyakan memiliki fitur yang dikenal sebagai ‘Pengurangan Noise’. Pada dasarnya, fitur ini menghilangkan kebisingan latar belakang ekstra selama panggilan untuk membuat suara lebih jernih.

Namun, karena beberapa bug, kadang-kadang fungsi ini malah memblokir suara panggilan sepenuhnya. Jadi, jika masalah mikrofon disebabkan oleh peredam suara, maka Anda perlu menonaktifkannya.

Pertama-tama, Buka ‘Pengaturan’Pada Pengaturan, ketuk pada ‘Panggilan’Sekarang pada pengaturan Panggilan, gulir ke bawah dan temukan ‘Pengurangan Noise’Nonaktifkan opsi tersebut dan restart smartphone Anda.

Temukan dan Hapus Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti yang disebutkan, aplikasi pihak ketiga dapat mengganggu telepon Anda untuk mengangkat masalah mikrofon. Jadi, dalam metode ini, Anda perlu menemukan aplikasi apa saja yang Anda instal di smartphone. Jika Anda mendapatkan masalah mikrofon setelah menginstal aplikasi apa pun, maka itulah penyebab mikrofon tak berfungsi.

Anda harus mem-boot ponsel Anda dalam mode aman yang akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga sementara. Setelah mem-boot telepon Anda ke mode aman, lakukan panggilan dan periksa apakah mikrofon berfungsi atau tidak. Jika berfungsi pada mode aman, maka Anda perlu menemukan dan menghapus aplikasi yang menyebabkan masalah mikrofon tersebut.

Di tulis oleh : JO-Bursametronews.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *