DESTINASI WISATA ALAM DI PAPUA

DESTINASI WISATA ALAM DI PAPUA

Bursa Metro NewsDestinasi wisata alam di papua yang tak kalah indah dari raja ampat, Raja Ampat memang menjadi pesona utama wisata alam di Papua. Padahal, wilayah yang dijuluki Tanah Mutiara Hitam punya berbagai permata tersembunyi yang tiada duanya.

Kombinasi kedua provinsi, Papua dan Papua Barat, merupakan dataran terlapang di Indonesia dengan luas mencapai 421.981 km2. Puluhan danau, lembah, gunung, dan air terjun dengan pemandangan yang memukau berlokasi di tanah Papua. Belum lagi pulau-pulau kecil dengan pantainya yang memesona, yang berada di sekitar pulau utama, menanti untuk kamu jelajahi. Jadi, ada apa saja wisata alam di Papua? Berikut ulasannya.

Mengenal Suku Asli Papua di Lembah Baliem

Lembah Baliem merupakan lembah di Pegunungan Jayawijaya, dengan suhu rata-rata 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Maklum, meskipun namanya ‘lembah’, tetapi wisata alam di Papua ini berada di ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi pegunungan. Sudah terbayang betapa sejuknya berlibur di sini.

Menyelami Surga Bawah Laut di Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Gemar melakukan wisata air? Pastikan kamu mengunjungi Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang merupakan taman nasional laut terluas di Indonesia. Bayangkan saja, luasnya mencapai 1,453,500 hektar! Tak kurang dari 18 pulau berada di Teluk Cenderawasih, dengan lebih dari 500 spesies karang… Buat kamu pecinta diving atau snorkeling, tempat ini jelas sebuah surga.

Teluk Cenderawasih

Teluk Cenderawasih merupakan rumah bagi hiu paus (Rhincodon typus) yang jinak. Para nelayan dan warga setempat sudah biasa bercengkrama dengan makhluk laut super besar ini. Kamu bisa memesan paket diving untuk berenang bersama spesies mamalia yang berukuran rata-rata 20 meter ini.

Menyusuri Pantai Bosnik Biak Timur

Di bagian timur laut Pulau Biak, terdapat garis pantai yang menawarkan air laut yang biru kehijauan dengan pasir putih yang masih sangat-sangat bersih. Ada sekitar tujuh ‘pintu masuk’ ke laut, tetapi salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Bosnik  yang memiliki nama lain: Pantai Segara Indah. Wah, nama memang tidak bisa bohong

Menaklukkan Gunung Tertinggi Indonesia

Kamu punya skill mendaki gunung yang tergolong mumpuni? Barangkali, menaklukkan puncak tertinggi di dunia ini masuk ke dalam bucket list-mu. Dengan tinggi 4,884 mdpl, Gunung Carstensz termasuk salah satu dari Tujuh Puncak Dunia. Diselimuti salju abadi, wisata alam di Papua ini memang tidak diperuntukkan bagi pemula.

Diving Sampai Puas di Kepulauan Padaido Biak

Wisata pulau di Papua yang tak kalah indah adalah Kepulauan Padaido, yang terdiri dari sekitar 20-an pulau; delapan di antaranya tidak berpenghuni. Wilayah ini merupakan pusat rehabilitasi terumbu karang, sehingga aktivitas nelayan atau budidaya hasil laut sangat dibatasi. Tak heran jika Padaido menjadi surga pecinta diving karena keindahan hampir 100-an spesies koral di sini amat sangat terjaga.

Mencari Cinta di Danau Love Telaga Emfote Jayapura

Tidak jauh dari Danau Sentani, terdapat Telaga Emfote yang juga sering disebut sebagai Danau Love karena bentuknya yang menyerupai hati. Baru-baru ini, Telaga Emfote masuk sebagai salah satu nominasi Destinasi Baru Terpopuler dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia. Tak perlu berpanjang-lebar, danau ini wajib masuk ke dalam daftar kunjungmu.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *