Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona

Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona

Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona

Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona
Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona

Bursametronews .com – Iran Umumkan Telah Temukan Obat Virus Corona. Wabah virus corona masih menjadi momok menakutkan di dunia. Meski banyak pasien yang dinyatakan sembuh, namun virus corona hingga saat ini masih terus menyebar. Bahkan, WHO sudah menetapkan virus corona (COVID-19) sebagai pendemi.

Baru-baru ini, kabar bahagia telah diumumkan. Sebagai salah satu negara yang memiliki kasus virus corona terbesar, Iran berhasil menemukan obatnya. Melansir dari Liputan6.com, berikut fakta mengenai obat virus corona yang telah teruji.

Pernyataan Kementerian Kesehatan Iran

Hingga (9/3/2020), kasus virus corona di Iran telah mencapai 7.161. Dari angka tersebut, setidaknya 237 pasien dinyatakan meninggal dunia dan 2.394 pasien lainnya dinyatakan sembuh. Untuk mengatasinya, pemerintah Iran juga telah melakukan sejumlah langkah dan upaya penyebaran serta pencegahan virus corona.

Setelah melakukan berbagai upaya, akhirnya Iran memberikan kabar bahagia. Kementerian Kesehatan Iran kemudian mengumumkan pengujian obat buatan dalam negeri telah sukses mengobati gejala pada pasien virus corona dengan kondisi parah.

Pengujian Obat

Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah Iran untuk mengatasi penyebaran virus corona. Termasuk menemukan obat untuk mengobati pasien virus corona (COVID-19). Siapa sangka, obat yang telah melalui proses pengujian ini berhasil mengobati gejala pada sejumlah pasien virus corona bahkan dengan kondisi parah.

“Pengujian obat imunomodulator yang disebut Actemra terhadap para pasien yang terinfeksi Virus Corona berhasil memulihkan mereka secara parsial,” ungkap Kepala Hubungan Masyarakat dan Pusat Informasi Kementerian Kesehatan dan Pendidikan Kedokteran Iran, Kianush Jahanpur, seperti dilaporkan harian Tehran Times, yang dilansir Xinhua, Kamis (12/3/2020).

Menariknya, gejala-gejala pasien virus corona berhasil menurun 48 jam setelah mengonsumsi Actemra. Menurut Jahanpur, hasil tersebut ditemukan saat dalam proses pemindaian.

Tahap Awal

Meski telah berhasil mengobati pasien virus corona, Iran masih akan terus mendalami obat tersebut. Jahanpur mengatakan jika hasil yang telah keluar itu masih dalam tahap awal.

Masih perlu lebih banyak lagi penelitian dan percobaan untuk menguji keefektifan secara sempurna. Pada Rabu (11/3), Kementerian Kesehatan Iran mengumumkan total sekitar 9.000 warganya telah mengidap virus corona (COVID-19). Parahnya, 354 pasien di antaranya telah dinyatakan meninggal dunia.

Relatif Kondusif

Menjadi salah satu negara terjangkit virus corona terbesar di dunia, tak membuat masyarakat Iran menjadi panik. Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) Iran menyatakan kondisi Negeri Bintang David ini relatif terkendali dan kondusif. Sejumlah aktivitas publik masih tetap berjalan dengan tingkat keramaian yang lebih rendah.

HPI juga mengatakan kondisi pusat perbelanjaan dan pasar relatif normal. Selain itu, barang-barang kesehatan dan bahan makanan juga masih banyak tersedia. Hal ini dikarenakan dalam menyikapi keadaan, warga Iran memilih untuk mematuhi segala imbauan dari Kementerian Kesehatan maupun pejabat kesehatan setempat.

Imbauan HPI untuk WNI di Iran

Himpunan Pelajar Indonesia (HPI) di Iran juga menyampaikan imbauan pada WNI di Iran untuk tidak meremehkan semua arahan dari pihak terkait. Organisasi pelajar ini juga berharap pihak pemerintah beserta masyarakat Indonesia agar lebih selektif dan bijak mencari serta menerima informasi yang resmi dan representatif.

HPI juga menegaskan pihaknya belum pernah menyampaikan pernyataan apapun terkait dengan virus corona dan Iran. Pihaknya tidak akan bertanggung jawab atas semua pernyataan yang dilontarkan oleh siapapun. Baik itu melalui media cetak maupun televisi, terlebih yang mengatasnamakan pelajar Indonesia di Iran.

“Kami mengapresiasi langkah dan upaya pemerintah setempat dalam pelayanan dan pencegahan Virus Corona dan KBRI Tehran yang sigap melindungi WNI di Iran. Kami berharap pemerintah Indonesia bisa meningkatkan upaya pencegahan dan penanganan Virus Corona di Tanah Air,” tegas pihak HPI seperti dikutip dari Liputan6.com, Kamis (12/3/2020).

Di tulis oleh : JO Bursametronews

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *