Paus Terunik dan Terbesar hingga yang Bertanduk

Paus Terunik dan Terbesar hingga yang Bertanduk

Bursa Metro NewsPaus Terunik dan Terbesar hingga yang Bertanduk  salah satu hewan yang paling menarik untuk dipelajari Selain ukuran yang luar biasa besar, mereka juga punya sejumlah keunikan. Ada sekitar 40 jenis paus dan beberapa di antaranya memiliki keunikan yang akan membuatmu kagum. Beberapa contohnya seperti enam spesies paus berikut ini.

Paus biru

Hal yang paling istimewa dari paus biru tentu adalah fakta bahwa mereka adalah hewan terbesar di dunia. Bukan hanya saat ini, mereka juga dipercaya sebagai hewan terbesar yang pernah hidup di bumi!

National Geographic mencatat bahwa panjang paus biru bisa mencapai 32 meter, kira-kira seukuran pesawat Boeing 737. Sementara, beratnya bisa mencapai 200 ton. Karena ukuran tubuhnya yang luar biasa, tidak heran jika bagian-bagian tubuhnya pun sangat besar. Berat lidahnya saja bisa mencapai 2,7 ton alias setara berat gajah dewasa.

Paus bungkuk

Paus bungkuk tidak benar-benar bertubuh bungkuk. Mereka mendapat nama itu dari kebiasaannya melengkungkan badan saat melompat keluar dari air. Ya, itulah salah satu keunikan dari paus bungkuk karena sangat aktif “berakrobat” di permukaan air, tidak seperti jenis paus lain.

Paus sperma

Paus sperma mendapat namanya karena alasan yang unik. Pada kepala mereka terdapat semacam cairan lengket berwarna putih, yang sempat dikira para ilmuwan sebagai sperma. Cairan itu pun disebut sebagai spermaceti. Namun, belakangan diketahui bahwa cairan itu sama sekali berbeda dengan sperma untuk berkembang biak.

Hingga kini, ilmuwan masih belum yakin apa fungsi cairan itu. Namun, diperkirakan cairan itu membantu dalam menghasilkan suara yang lebih keras. Selain soal namanya, paus sperma juga unik karena mereka adalah hewan dengan otak terbesar di dunia, mencapai 7,7 kg. Meskipun secara proporsi, itu hanyalah 0,02 persen dari massa tubuh mereka.

Paus berparuh cuvier

Paus berparuh cuvier dikenal juga sebagai paus berparuh angsa karena bentuk moncongnya yang unik seperti paruh unggas. Georges Cuvier adalah zoologi pertama yang mengidentifikasi hewan ini pada 1823.

Paus ini hidup di seluruh samudra dunia dan tidak terancam punah. Namun, mereka jarang terlihat karena hidup di kedalaman lebih dari 1000 m.

Seperti paus sperma, paus berparuh cuvier juga adalah karnivora bergigi. Mereka berburu cumi-cumi dan mereka kerap menyelam di kedalaman luar biasa untuk menangkap mangsanya.

Paus beluga

Paus beluga adalah salah satu paus paling imut di dunia. Mereka adalah satu-satunya paus berwarna putih polos. Mereka juga adalah salah satu paus yang paling ekspresif. Mereka bisa membuat ekspresi wajah yang lucu dan menghasilkan berbagai macam suara. Tidak heran jika mereka dijuluki sebagai kenari lautan.

Karena suka bermain dan bisa dilatih, paus beluga kerap dikembangbiakkan di penangkaran dan diajari berbagai trik untuk tujuan hiburan. Populasi beluga pun sempat menurun karena perburuan, ditambah lagi mereka punya predator alami yaitu orca dan beruang kutub. Namun, status mereka saat ini tidak terancam punah.

Paus narwhal

Berdasarkan penampilan, bisa dibilang paus narwhal adalah jenis paus paling unik di dunia. Apalagi kalau bukan tanduk panjang yang terdapat di kepala mereka. Tanduk itu sendiri sebenarnya adalah gading alias bagian gigi mereka yang memanjang. Beberapa narwhal punya 2 gading, namun ada juga yang sama sekali tidak punya.

Fungsi dari gadingnya sendiri untuk mencari makan. Itu karena gadingnya memiliki hingga 10 juta saraf. Narwhal hidup di perairan belahan bumi utara, termasuk kutub utara. Seperti banyak hewan lain di kutub, mereka pun terancam oleh karena perubahan iklim.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *