http://www.bursametronews.com/inilah-fakta-ikan-piranha-yang-jarang-diketahui/

Inilah Fakta Ikan Piranha yang Jarang Diketahui

Inilah Fakta Ikan Piranha yang Jarang Diketahui

http://www.bursametronews.com/inilah-fakta-ikan-piranha-yang-jarang-diketahui/

BURSAMETRONEWSInilah Fakta Ikan Piranha yang Jarang Diketahui Pembunuh yang suka keroyokan, memiliki gigi yang tajam seperti pisau, dan ganasnya melebihi hiu. Mungkin itulah yang muncul di kepalamu saat mendengar kata piranha, ikan bertubuh kecil yang berhabitat di perairan tawar.

Pada film piranha yang di munculkan pada tahun 1978, ikan berwarna terang tersebut tampak menyerang apa pun yang ada di jangkauan penglihatannya. Air yang sebelumnya jernih pun berubah menjadi kemerahan dalam sekejap.

Simak fakta berikut ini :

1. Gigi dan rahang piranha sangat kuat, bahkan melebihi buaya

Nama piranha berasal dari Bahasa Tupi Indian (suku di Brasil). “Pira” memiliki arti ikan, sedangkan “ranha” berarti gigi. Jadi, secara harfiah, piranha adalah ikan bergigi.

Piranha terkenal akan giginya yang tajam dan rahangnya yang kuat. Kekuatan gigitannya bisa mencapai 320 newton. Angka tersebut tiga kali lipat lebih kuat daripada buaya Amerika. Padahal badan piranha jauh lebih kecil.

Yang membuatnya semakin mengerikan, hal itu dilakukan oleh puluhan atau bahkan ratusan piranha. Sebab mereka adalah hewan yang selalu berburu secara berkelompok.

2. Piranha sering memangsa bangkai dan hewan yang seukuran dengannya

Piranha sebenarnya lebih sering memangsa hewan yang seukuran dengannya. Misal udang, ikan, sesama piranha, dan lain sebagainya.

Walaupun begitu, mereka juga bisa memangsa hewan yang ukurannya lebih besar, seperti sapi, kambing, burung, dan hewan ternak lain. Akan tetapi, hal ini biasanya hanya terjadi ketika sang mangsa telah mati.

3. Butuh waktu berapa lama bagi piranha untuk menghabiskan satu orang manusia?

Jika ada 300 hingga 500 ekor piranha di dalam kolam, mereka hanya butuh waktu sekitar 5 menit untuk menghabiskan tubuh manusia. Bahkan lebih singkat daripada waktu kita untuk menghabiskan seporsi nasi.

4. Apakah bisa selamat jika masuk ke dalam kolam berisi piranha?

Pertama, piranha tidak sedang dalam kondisi sangat kelaparan. Kedua, sebaiknya kamu tidak memiliki luka terbuka yang mengucurkan darah dengan deras. Berikutnya, kamu tidak boleh mengganggu dan menyakiti mereka. Dengan begitu, piranha akan tetap tenang dan tidak akan menganggapmu sebagai ancaman.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *